Wednesday, December 16, 2015

Islam Memuliakan Wanita

Dalam islam, wanita dipandang mulia sebagai makhluk Tuhan sebagaimana laki-laki. Seorang wanita yang beriman dan beramal shaleh akan meraih kehidupan yang lebih baik dan balasan dari Allah, sebagaimana laki-laki yang beriman dan beramal shaleh. 
Sebagaimana disebutkan dalam QS. An-Nahl ayat 97 :

“Barangsiapa yang mengerjakan amal shaleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

Wanita juga sangat berperan dalam pendidikan pertama bagi generasi islam, sehingga muncul sebuah ungkapan :

Al-ummu madrosatul uula… Ibu adalah sekolah atau pendidik pertama bagi anaknya.

Dengan memberikan bimbingan yang baik untuk calon generasi islam, maka telah dilakukannya perbaikan yang besar bagi umat islam.

Selain itu dalam  hal rumah tangga, hendaknya seorang suami memperlakukan istrinya dengan cara yang ma’ruf. Jika seorang istri membangkang atau terjadi perselisihan dengan suaminya, maka seorang suami tidak boleh memukulnya di bagian wajah. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

Janganlah engkau memukul wajah (istrimu), jangan menjelekkannya, dan jangan memboikotnya (mendiamkannya) kecuali di dalam rumah.” (HR. Abu Dawud no. 2142 Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih)

Betapa agungnya kedudukan serta peran wanita dalam sebuah kehidupan. Dari sekian banyak perhiasan keidupan , wanita shalihah lah sebaik-baik perhiasan.

No comments:

Post a Comment