Monday, June 30, 2014

Peran Istri dalam Dakwah Suami



Salah satu tugas seorang istri adalah mendukung suaminya, disaat suami dalam keadaan senang maupun dalam keadaan susah. Namun peran istri akan menjadi lebih utama jika mendukung seorang suami dalam menuntut ilmu dan melakukan dakwah.
            
Dakwah merupakan sebuah bentuk ketaatan kepada Allah Ta'ala. Maka dari itu peran seorang istri sangat membantu suami. Karena mendukung dakwah termasuk salah satu bentuk dalam mencari ridho suami. Dan menggapai ridho suami merupakan surga bagi istri. 
Paling tidak ada 4 hal yang bisa dilakukan seorang wanita untuk masuk surga. 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya,
“Apabila seorang wanita mengerjakan shalat lima waktu, mengerjakan puasa di bulan Ramadhan, menjaga harga dirinya, dan menaati perintah suaminya, maka ia akan masuk surga dari pintu mana saja yang ia inginkan.” ( HR. Ahmad , Ibnu Hibban dan Thabrani )

Berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan seorang istri dalam membantu dakwah suami, antara lain :

  1. Menambah pemahaman tentang dakwah, karena dengan kemampuan dan pemahaman yang benar tentang dakwah, maka akan lebih mudah dalam memberi dukungan kepada suami.
  2. Menguatkan pemahaman tenatang islam, untuk membantu memberikan bahan – bahan dalam dakwah.
  3. Memberikan ketenangan bagi suami, dalam hal ini bermaksud untuk tidak terlalu sering mengeluh saat sering ditinggalkan suami dalam hal – hal kebaikan.
  4. Ridho jika sering ditinggalkan suami untuk keperluan dakwah.
  5. Mampu mengerti kondisi suami, karena terkadang dakwah sangat berpengaruh dengan psikologis yang tidak mudah bagi suami.

Semoga kita dapat menjadi wanita mulia yang dapat mendukung keberhasilan dakwah suami, karena dakwah merupakan kewajiban seorang muslim.

No comments:

Post a Comment